Kamis, 06 Agustus 2009

HIDROGEL ‘ Solusi media tanam dalam ruangan’


Hidrogel, produk yang MENAWAN dan RAMAH LINGKUNGAN ini merupakan kristal polimer yang berfungsi menyerap dan menyimpan air dan nutrisi untuk tanaman dalam jumlah besar. Hidrogel dapat terurai melalui pembusukan oleh mikroba sehingga produk ini aman digunakan. Hidrogel tidak larut dalam air tetapi dia hanya menyerap dan akan melepaskan air dan nutrisi secara proporsional pada saat dibutuhkan oleh tanaman. Dengan demikian tanaman akan selalu mempunyai persediaan air dan nutrisi setiap saat karena hidrogel berfungsi menyerap dan melepaskan (absorption - release cycles). Hidrogel mampu menyerap air sebanyak 500 kali berat hidrogel itu sendiri.
Selain tampak indah, butiran hidrogel yang lebih mirip kristal sering mengecoh siapa saja yang baru melihatnya. Hidrogel juga menarik karena warnanya. Bisa dibayangkan betapa indahnya jika ruangan Anda ada vas bening berisi tanaman yang tumbuh di dalam media hidrogel dengan warna-warna yang menawan seperti Merah, Merah Rose, Ungu, Biru, Hijau, Kuning, Orange dan Putih yang berkilauan.
Jenis-jenis tanaman yang bisa ditanam dalam hidrogel yaitu Aglaonema sp, Anthurium sp (berbagai jenis kuping gajah), Diffenbachia sp, Philodendron sp, Dracaena sp (bambu china, bambu jepang), Scidapsus sp (sirih belanda), Syngonium sp, Spathiphyllum sp, Cyperus sp (rumput payung), Cordyline sp (berbagai jenis hanjuang), Monsteradeciliosa (Philodendron berdaun belah), rumput hias (berwarna hijau dengan garis putih di sisi daun dan ber-umbi), bambu rejeki, sansiviera, sirih hias, sri rejeki, serta tanaman sayuran seperti caisim, selada dan kangkung.Hidrogel dapat dibuat dengan berbagai dekorasi.Untuk dekorasi itu sendiri memerlukan hidrogel yang sudah mengembang atau sudah dipre-hidrasi (direndam dalam air). Jika hidrogel tampak menyusut ?? Semprotkan air pada hidrogel dengan menggunakan handsprayer. Air yang diberikan jangan terlalu banyak (menggenang).Jika hidrogel kotor atau berbau ?? Bersihkan dengan cara keluarkan tanaman dari hidrogel, kemudian cuci dan rendam hidrogel dengan air hangat ± 2 jam kemudian tiriskan selama 1 jam supaya air benar-benar hilang.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar